5 Tempat Makan Hidden Gem Di Surabaya

abuha

restoran hidden gem surabaya

IDNblogger.com – Surabaya, kota metropolitan yang ramai, ternyata menyimpan banyak permata tersembunyi kuliner. Dari warung kaki lima hingga restoran berkelas, berikut 5 Tempat Makan Hidden Gem di Surabaya yang wajib Anda kunjungi untuk pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

Restoran-restoran ini menawarkan cita rasa lokal yang autentik, suasana yang unik, dan kisah menarik di balik layar yang akan membuat pengalaman bersantap Anda semakin berkesan.

Restoran Tersembunyi Terbaik

5 Tempat Makan Hidden Gem Di Surabaya

Surabaya, kota metropolitan yang ramai, juga memiliki banyak tempat makan tersembunyi yang menawarkan pengalaman kuliner unik. Tempat-tempat ini mungkin tidak mencolok, tetapi menyajikan hidangan yang lezat dan suasana yang nyaman.

Berikut adalah lima restoran hidden gem di Surabaya yang wajib Anda kunjungi:

Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har adalah warung soto legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Soto lamongan di sini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan daging ayamnya yang empuk. Selain soto, Cak Har juga menyediakan menu lain seperti nasi campur dan gado-gado.

Pecel Lele Bu Asih

Pecel Lele Bu Asih adalah salah satu tempat makan pecel lele paling populer di Surabaya. Pecel lelenya terkenal dengan sambalnya yang pedas dan gurih. Selain pecel lele, Bu Asih juga menyediakan menu lain seperti ayam goreng, tahu tempe, dan lalapan.

Nasi Goreng Pak Gendut

Nasi Goreng Pak Gendut adalah tempat makan nasi goreng yang selalu ramai pengunjung. Nasi goreng di sini dimasak dengan bumbu yang pas dan porsinya yang banyak. Selain nasi goreng, Pak Gendut juga menyediakan menu lain seperti mie goreng, capcay, dan kwetiau.

Mie Ayam Pangsit Pak De

Mie Ayam Pangsit Pak De adalah warung mie ayam pangsit yang sudah terkenal sejak lama. Mie ayamnya terkenal dengan mienya yang kenyal dan kuahnya yang gurih. Selain mie ayam, Pak De juga menyediakan menu lain seperti bakso, pangsit, dan tahu bakso.

Baca Juga:  Malam-Malam Hangat: 6 Tempat Kuliner Malam di Bandung yang Wajib Dicoba

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak Cingur Ahmad Jais adalah salah satu tempat makan rujak cingur paling terkenal di Surabaya. Rujak cingurnya terkenal dengan bumbunya yang pedas dan gurih serta cingurnya yang empuk. Selain rujak cingur, Ahmad Jais juga menyediakan menu lain seperti lontong balap, tahu tek, dan gado-gado.

Lokasi Rahasia

 

Surabaya, kota metropolis yang ramai, menyembunyikan permata kuliner yang menanti untuk ditemukan. Restoran-restoran tersembunyi ini menawarkan cita rasa unik dan pengalaman bersantap yang tak terlupakan. Berikut adalah 5 tempat makan hidden gem di Surabaya yang akan memanjakan lidah Anda:

Lokasi Tersembunyi, 5 Tempat Makan Hidden Gem di Surabaya

  • Warung Bu Rudy: Jl. Dharmahusada 163, Gubeng, Surabaya (031-5025871)
  • Kedai Ayam Geprek SS: Jl. Raya Menganti No. 215, Wiyung, Surabaya (0812-31050320)
  • Depot Bu Wawan: Jl. Pasar Kembang No. 47, Surabaya (0813-32053622)
  • Mie Aceh Seulawah: Jl. Nginden Intan Barat No. 11, Surabaya (0812-31254321)
  • Bakso Solo Kidul Pasar: Jl. Pasar Kembang No. 11, Surabaya (0812-30365522)

Restoran-restoran ini tersembunyi di gang-gang sempit atau di antara bangunan yang ramai, tetapi mudah ditemukan jika Anda tahu caranya. Ikuti petunjuk berikut untuk mencapai lokasi mereka:

  • Warung Bu Rudy: Masuk ke gang di sebelah kiri Hotel Majapahit.
  • Kedai Ayam Geprek SS: Ikuti Jl. Raya Menganti hingga menemukan gerbang masuk ke sebuah komplek perumahan.
  • Depot Bu Wawan: Terletak di gang di sebelah Pasar Kembang.
  • Mie Aceh Seulawah: Masuk ke gang di sebelah Alfamart di Jl. Nginden Intan Barat.
  • Bakso Solo Kidul Pasar: Berada di gang di sebelah Pasar Kembang.

Cita Rasa Lokal

Surabaya, kota metropolis di Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya, tetapi juga kekayaan kulinernya yang memanjakan lidah. Di antara hiruk pikuk kota, terdapat sejumlah restoran hidden gem yang menyajikan hidangan khas Surabaya dengan cita rasa yang otentik dan menggugah selera.

Baca Juga:  Jelajahi Surga Kuliner Halal di Jakarta Utara

Aneka Kuliner Tradisional

Salah satu keunikan kuliner Surabaya adalah keberagaman hidangan tradisionalnya. Di restoran-restoran hidden gem ini, Anda dapat menemukan berbagai pilihan menu, seperti:

  • Rujak Cingur:Salad buah segar dengan bumbu petis udang yang gurih dan pedas.
  • Sate Klopo:Sate daging ayam atau sapi yang dibumbui dengan parutan kelapa, memberikan cita rasa manis dan gurih.
  • Lontong Balap:Sup lontong dengan campuran tauge, tahu, lentho, dan daging sapi yang disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rempah.
  • Pecel Semanggi:Salad daun semanggi dengan bumbu kacang yang manis dan pedas.

Suasana Unik

Restoran hidden gem di Surabaya menawarkan suasana berbeda yang memikat pengunjung. Dekorasi, pencahayaan, dan kenyamanan masing-masing tempat menciptakan pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

Dekorasi

  • Warung Leko: Suasana tradisional Jawa dengan dekorasi kayu jati, anyaman bambu, dan ukiran khas.
  • Kayu Manis Bistro: Interior modern dengan sentuhan vintage, menampilkan dinding bata, perabotan kayu, dan lampu gantung yang menawan.
  • Semawis Coffee: Nuansa industrial yang nyaman dengan dinding semen, lampu Edison, dan meja kayu yang memberikan kesan hangat.
  • The Playground Cafe: Suasana tropis yang segar dengan tanaman hijau, dinding bermotif dedaunan, dan furnitur rotan.
  • Coffeeshop Darmo: Desain minimalis dengan warna putih dan abu-abu, menciptakan suasana yang tenang dan elegan.

Pencahayaan

Pencahayaan di restoran hidden gem ini dirancang untuk menciptakan suasana yang berbeda.

  • Warung Leko: Pencahayaan redup dengan lampu minyak tradisional yang memberikan kesan intim dan hangat.
  • Kayu Manis Bistro: Pencahayaan lembut dan hangat dari lampu gantung, menciptakan suasana yang nyaman dan mengundang.
  • Semawis Coffee: Pencahayaan terang dan industrial dengan lampu Edison, memberikan kesan berenergi dan dinamis.
  • The Playground Cafe: Pencahayaan alami dari jendela besar dan tanaman hijau, menciptakan suasana yang segar dan lapang.
  • Coffeeshop Darmo: Pencahayaan putih terang yang memberikan kesan bersih, rapi, dan modern.

Kenyamanan

Kenyamanan menjadi prioritas utama di restoran hidden gem ini.

  • Warung Leko: Suasana yang nyaman dan santai dengan tempat duduk lesehan dan bantal-bantal.
  • Kayu Manis Bistro: Kursi empuk dan meja yang luas, memberikan pengalaman bersantap yang nyaman dan menyenangkan.
  • Semawis Coffee: Meja dan kursi kayu yang kokoh, menciptakan suasana yang nyaman dan santai.
  • The Playground Cafe: Bean bag dan kursi gantung yang nyaman, memberikan pengalaman bersantap yang unik dan menyenangkan.
  • Coffeeshop Darmo: Sofa yang nyaman dan meja kerja yang ergonomis, cocok untuk bekerja atau bersantai.
Baca Juga:  Rujak Cingur Surabaya: Kuliner Legendaris Penuh Cita Rasa

Kisah di Balik Layar

Setiap restoran tersembunyi memiliki kisah unik yang menginspirasi di baliknya. Dari impian koki yang bersemangat hingga perjuangan wirausahawan yang gigih, tempat makan ini membawa semangat dan dedikasi pada setiap hidangan yang mereka sajikan.

Para pemilik dan pendiri restoran hidden gem ini didorong oleh kecintaan mereka pada makanan, hasrat untuk menciptakan pengalaman bersantap yang luar biasa, dan keinginan untuk berbagi cita rasa dengan masyarakat. Mereka menghadapi tantangan, seperti lokasi yang kurang ideal, persaingan yang ketat, dan sumber daya yang terbatas, tetapi mereka tetap teguh pada visi mereka.

Restoran A, misalnya, lahir dari mimpi seorang koki muda yang ingin menyajikan hidangan otentik dari kampung halamannya. Terletak di gang sempit, restoran ini awalnya berjuang untuk menarik pelanggan. Namun, kegigihan sang koki dan cita rasa masakannya yang luar biasa secara bertahap menarik perhatian pencinta kuliner yang menghargai pengalaman bersantap yang unik.

Sementara itu, Restoran B didirikan oleh seorang pengusaha wanita yang bersemangat untuk mempromosikan masakan lokal. Meskipun lokasi restorannya jauh dari pusat kota, dia menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat yang menarik pelanggan dari seluruh penjuru kota. Restorannya telah menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, menyatukan orang-orang melalui kecintaan mereka pada makanan.

Penutup: 5 Tempat Makan Hidden Gem Di Surabaya

Jelajahi 5 Tempat Makan Hidden Gem di Surabaya dan temukan pengalaman bersantap yang akan memanjakan lidah dan memperkaya jiwa Anda. Nikmati cita rasa lokal yang autentik, suasana yang berbeda, dan kisah inspiratif yang akan membuat momen bersantap Anda tak terlupakan.

FAQ Umum

Apa kriteria restoran yang dianggap “hidden gem”?

Restoran hidden gem biasanya menawarkan cita rasa lokal yang autentik, suasana yang unik, dan memiliki kisah menarik di balik pendiriannya.

Bagaimana cara menemukan lokasi restoran hidden gem?

Beberapa restoran hidden gem mungkin sulit ditemukan karena lokasinya yang tersembunyi. Namun, Anda dapat menggunakan informasi alamat dan nomor telepon yang disediakan untuk mendapatkan petunjuk arah.

Apa saja hidangan khas Surabaya yang ditawarkan di restoran hidden gem?

Restoran hidden gem di Surabaya menyajikan berbagai hidangan khas Surabaya, seperti nasi rawon, lontong balap, dan rujak cingur.

Related Post