Sambal Bakar Bali di Bandung yang Enak: Pedasnya Menggoyang Lidah!

abuha

Di antara ragam kuliner pedas di Bandung, sambal bakar bali menjadi salah satu yang wajib dicoba. Perpaduan bumbu khas Bali dan teknik pembakaran yang tepat menghasilkan cita rasa yang unik dan menggugah selera. Di Bandung, terdapat banyak restoran yang menyajikan sambal bakar bali dengan berbagai variasi dan suasana yang berbeda.

Sambal bakar bali di Bandung memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan daerah lain. Bumbunya lebih lengkap dan kaya, dengan penggunaan rempah-rempah seperti cabai rawit, terasi, dan kencur. Proses pembakarannya pun dilakukan dengan hati-hati agar sambal tidak gosong dan tetap mempertahankan aroma khasnya.

Deskripsi Sambal Bakar Bali di Bandung

Sambal bakar bali di Bandung merupakan salah satu kuliner khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke kota ini. Sambal bakar bali di Bandung memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan daerah lain. Sambal bakar bali di Bandung biasanya menggunakan bahan-bahan seperti terasi, cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, dan tomat.

Bahan-bahan tersebut kemudian dibakar hingga matang dan mengeluarkan aroma yang harum. Setelah matang, sambal bakar bali kemudian disajikan dengan nasi putih, ayam goreng, dan tempe goreng.

Sambal bakar bali di Bandung memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan sedikit asam. Rasa pedasnya berasal dari cabai, sedangkan rasa gurihnya berasal dari terasi dan kencur. Rasa asamnya berasal dari tomat. Sambal bakar bali di Bandung biasanya disajikan dengan nasi putih, ayam goreng, dan tempe goreng.

Namun, sambal bakar bali juga bisa disajikan dengan lauk-pauk lainnya seperti ikan goreng, tahu goreng, atau telur goreng.

Variasi Sambal Bakar Bali di Bandung

  • Sambal bakar bali merah: Sambal bakar bali merah ini menggunakan cabai merah sebagai bahan utamanya. Rasa sambal bakar bali merah ini lebih pedas dibandingkan dengan sambal bakar bali hijau.
  • Sambal bakar bali hijau: Sambal bakar bali hijau ini menggunakan cabai hijau sebagai bahan utamanya. Rasa sambal bakar bali hijau ini lebih segar dibandingkan dengan sambal bakar bali merah.
  • Sambal bakar bali matah: Sambal bakar bali matah ini menggunakan bahan-bahan seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kencur, dan tomat. Sambal bakar bali matah ini tidak dibakar, melainkan disajikan dalam keadaan mentah.

Daftar Restoran Sambal Bakar Bali di Bandung

Sambal Bakar Bali Di Bandung Yang Enak Terbaru

Bandung, sebagai salah satu kota kuliner di Indonesia, menawarkan berbagai macam pilihan tempat makan, termasuk restoran yang menyajikan sambal bakar bali. Bagi penggemar kuliner pedas, berikut adalah daftar beberapa restoran sambal bakar bali yang terkenal di Bandung:

Restoran Sambal Bakar Bali “Babi Guling Candra”

  • Alamat: Jl. Cihampelas No. 123, Bandung
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 11.00
    – 22.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 50.000
    – Rp. 100.000
  • Suasana: Restoran ini memiliki suasana yang sederhana dan kasual, dengan tempat duduk yang cukup luas. Tersedia juga lesehan bagi yang ingin menikmati hidangan sambil lesehan.
  • Fasilitas: Restoran ini menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi gratis, toilet bersih, dan tempat parkir yang luas.

Restoran Sambal Bakar Bali “Warung Nasi Pedas”

  • Alamat: Jl. Braga No. 18, Bandung
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 10.00
    – 21.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 30.000
    – Rp. 70.000
  • Suasana: Restoran ini memiliki suasana yang lebih modern dan elegan, dengan tempat duduk yang nyaman dan ber-AC. Tersedia juga ruang VIP bagi yang ingin mengadakan acara khusus.
  • Fasilitas: Restoran ini menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi gratis, toilet bersih, dan tempat parkir yang terbatas.
Baca Juga:  Contoh SOP Usaha Kuliner

Restoran Sambal Bakar Bali “Bebek Bengil”

  • Alamat: Jl. Setiabudi No. 229, Bandung
  • Jam Buka: Setiap hari, pukul 11.00
    – 23.00 WIB
  • Kisaran Harga: Rp. 70.000
    – Rp. 150.000
  • Suasana: Restoran ini memiliki suasana yang lebih mewah dan eksklusif, dengan tempat duduk yang luas dan nyaman. Tersedia juga ruang VIP bagi yang ingin mengadakan acara khusus.
  • Fasilitas: Restoran ini menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi gratis, toilet bersih, dan tempat parkir yang luas.

Review Restoran Sambal Bakar Bali di Bandung

Sambal bakar bali merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang populer dan banyak digemari. Di Bandung, terdapat beberapa restoran yang menyajikan sambal bakar bali dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan review tentang beberapa restoran sambal bakar bali di Bandung yang sudah pernah kami kunjungi.

Restoran Sambal Bakar Bali “Bale Bengong”

Restoran Sambal Bakar Bali “Bale Bengong” terletak di Jalan Cihampelas No. 123, Bandung. Restoran ini menawarkan suasana yang nyaman dan asri dengan pemandangan sawah yang hijau. Menu yang disajikan di restoran ini cukup beragam, mulai dari sambal bakar bali, ayam bakar, hingga nasi goreng.

Sambal bakar bali di restoran ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan daging ayam yang lembut dan juicy. Selain itu, pelayanan di restoran ini juga cukup baik dan ramah.

Restoran Sambal Bakar Bali “Warung Bu Oka”

Restoran Sambal Bakar Bali “Warung Bu Oka” terletak di Jalan Dipati Ukur No. 125, Bandung. Restoran ini menawarkan suasana yang sederhana dan merakyat, dengan harga makanan yang cukup terjangkau. Menu yang disajikan di restoran ini juga cukup beragam, mulai dari sambal bakar bali, sate lilit, hingga lawar.

Sambal bakar bali di restoran ini memiliki cita rasa yang pedas dan manis, dengan daging ayam yang empuk dan gurih. Selain itu, pelayanan di restoran ini juga cukup baik dan ramah.

Restoran Sambal Bakar Bali “Rumah Makan Bebek Bengil”

Restoran Sambal Bakar Bali “Rumah Makan Bebek Bengil” terletak di Jalan Setiabudi No. 167, Bandung. Restoran ini menawarkan suasana yang mewah dan elegan, dengan harga makanan yang cukup mahal. Menu yang disajikan di restoran ini cukup beragam, mulai dari sambal bakar bali, bebek bakar, hingga nasi campur.

Sambal bakar bali di restoran ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan daging ayam yang lembut dan juicy. Selain itu, pelayanan di restoran ini juga cukup baik dan ramah.

Resep Sambal Bakar Bali

Sambal bakar bali adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang populer. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis. Sambal bakar bali biasanya disajikan sebagai pelengkap untuk berbagai jenis makanan, seperti nasi goreng, sate, dan ayam bakar.Berikut ini adalah resep sambal bakar bali yang autentik dan mudah diikuti:

Bahan-bahan:

  • 10 buah cabai rawit merah, buang bijinya
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 1 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 sendok makan terasi bakar, sangrai
  • 1 sendok makan gula merah, sisir halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh minyak kelapa

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Campurkan semua bahan dalam cobek atau blender, lalu haluskan.
  2. Panaskan minyak kelapa dalam wajan, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
  3. Tuang air sebanyak 100 ml, lalu aduk hingga mendidih.
  4. Kecilkan api, lalu masak sambal selama 15 menit atau hingga minyaknya keluar.
  5. Angkat sambal dan sajikan.

Tips dan Trik:

  • Untuk membuat sambal bakar bali yang lebih pedas, tambahkan jumlah cabai rawit merah.
  • Jika tidak memiliki terasi bakar, Anda bisa menggunakan terasi biasa yang telah disangrai.
  • Gunakan gula merah asli untuk mendapatkan rasa yang lebih legit.
  • Sambal bakar bali bisa disimpan dalam wadah tertutup di lemari es selama 1 minggu.
Baca Juga:  5 Tempat Makan Hidden Gem Di Surabaya

Cara Membakar Sambal Bali

Membakar sambal bali merupakan teknik memasak tradisional yang menghasilkan cita rasa yang unik dan menggugah selera. Berikut adalah panduan cara membakar sambal bali dengan benar:

Teknik Membakar Sambal Bali

1. Pilih sambal bali yang berkualitas baik, yaitu yang masih segar dan berwarna merah cerah.

2. Cuci bersih sambal bali dan potong-potong sesuai selera.

3. Siapkan arang yang sudah membara.

4. Letakkan potongan sambal bali di atas arang yang membara.

5. Bakar sambal bali hingga kulitnya sedikit gosong dan mengeluarkan aroma harum.

6. Angkat sambal bali yang sudah dibakar dan haluskan menggunakan cobek atau blender.

7. Tambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti garam, gula, dan terasi sesuai selera.

8. Aduk rata dan sajikan sambal bali bakar dengan nasi hangat.

Jenis Arang dan Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk membakar sambal bali, sebaiknya menggunakan arang batok kelapa atau arang briket. Kedua jenis arang ini menghasilkan panas yang stabil dan tidak mengeluarkan asap yang berlebihan.

Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa peralatan seperti:

  • Panggang atau anglo
  • Tusuk sate atau garpu
  • Cobek atau blender
  • Sendok
  • Mangkuk

Tips Memilih Sambal Bakar Bali yang Enak

Sambal bakar bali merupakan salah satu kuliner khas Bali yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Jika Anda ingin mencicipi sambal bakar bali yang enak, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih sambal bakar bali yang enak:

Warna

Sambal bakar bali yang baik memiliki warna merah cerah. Hindari memilih sambal bakar bali yang berwarna pucat atau kecoklatan, karena kemungkinan besar sambal tersebut sudah lama dibuat atau tidak diolah dengan benar.

Tekstur

Sambal bakar bali yang baik memiliki tekstur yang kental dan tidak terlalu encer. Hindari memilih sambal bakar bali yang terlalu encer, karena kemungkinan besar sambal tersebut sudah dicampur dengan air atau bahan lainnya.

Rasa

Sambal bakar bali yang baik memiliki rasa yang pedas dan gurih. Rasa pedasnya berasal dari cabai rawit, sedangkan rasa gurihnya berasal dari terasi dan minyak kelapa. Hindari memilih sambal bakar bali yang terlalu pedas atau terlalu gurih, karena akan membuat Anda tidak nyaman saat memakannya.

Aroma

Sambal bakar bali yang baik memiliki aroma yang harum. Aroma harumnya berasal dari bumbu-bumbu yang digunakan, seperti cabai rawit, terasi, dan minyak kelapa. Hindari memilih sambal bakar bali yang beraroma tidak sedap, karena kemungkinan besar sambal tersebut sudah basi atau tidak diolah dengan benar.

Kebersihan

Sambal bakar bali yang baik dibuat dengan bahan-bahan yang bersih dan higienis. Pastikan Anda memilih sambal bakar bali yang dibuat oleh pedagang yang bersih dan terpercaya. Hindari memilih sambal bakar bali yang dibuat oleh pedagang yang tidak bersih atau tidak terpercaya, karena kemungkinan besar sambal tersebut mengandung bakteri atau kuman yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Sambal Bakar Bali untuk Berbagai Acara

Sambal bakar bali merupakan hidangan yang lezat dan menggugah selera. Dengan cita rasanya yang pedas dan gurih, sambal bakar bali dapat dinikmati bersama berbagai macam hidangan, mulai dari nasi putih hingga olahan daging. Selain itu, sambal bakar bali juga cocok disajikan pada berbagai acara, baik formal maupun informal.

Acara Keluarga

Sambal bakar bali merupakan salah satu hidangan yang sering disajikan pada acara keluarga. Rasanya yang lezat dan pedas membuat sambal bakar bali menjadi favorit banyak orang. Selain itu, sambal bakar bali juga mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu lama untuk menyiapkannya.

Acara Pesta

Sambal bakar bali juga cocok disajikan pada acara pesta. Hidangan ini dapat menjadi hidangan pembuka atau hidangan utama. Selain itu, sambal bakar bali juga dapat disajikan sebagai pendamping hidangan lainnya.

Acara Reuni

Sambal bakar bali juga cocok disajikan pada acara reuni. Hidangan ini dapat menjadi ajang nostalgia bagi para peserta reuni. Selain itu, sambal bakar bali juga dapat menjadi hidangan yang mengenyangkan dan lezat.

Baca Juga:  Kuliner Legendaris Surabaya: Cita Rasa Khas yang Tak Terlupakan

Sambal Bakar Bali dalam Budaya Sunda

Sambal Bakar Bali Di Bandung Yang Enak Terbaru

Sambal bakar bali merupakan salah satu sambal khas Sunda yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Sambal ini biasanya dibuat dengan menggunakan cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, dan garam. Sambal bakar bali sering disajikan sebagai pelengkap berbagai macam makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate.

Selain itu, sambal bakar bali juga sering digunakan sebagai bumbu masakan, seperti tumis sayuran dan ikan bakar.

Sambal Bakar Bali dalam Tradisi Kuliner Sunda

Sambal bakar bali memiliki peran penting dalam tradisi kuliner Sunda. Sambal ini sering disajikan sebagai pelengkap berbagai macam makanan khas Sunda, seperti nasi liwet, nasi timbel, dan karedok. Selain itu, sambal bakar bali juga sering digunakan sebagai bumbu masakan, seperti tumis kangkung, tumis tauge, dan ikan bakar.

Kehadiran sambal bakar bali dalam masakan Sunda menambah cita rasa pedas dan gurih, sehingga membuat masakan tersebut menjadi lebih nikmat.

Contoh Penggunaan Sambal Bakar Bali dalam Upacara Adat atau Acara-acara Tradisional Sunda

  • Dalam upacara adat pernikahan Sunda, sambal bakar bali biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi liwet dan nasi timbel.
  • Dalam acara-acara tradisional Sunda, seperti pesta rakyat dan pagelaran wayang, sambal bakar bali biasanya disajikan sebagai pelengkap sate dan karedok.
  • Dalam kehidupan sehari-hari, sambal bakar bali biasanya disajikan sebagai pelengkap berbagai macam makanan, seperti nasi goreng, mie goreng, dan tumis sayuran.

Variasi Sambal Bakar Bali

Sambal Bakar Bali Di Bandung Yang Enak Terbaru

Sambal bakar bali merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Makanan ini terbuat dari ikan bakar yang diberi sambal pedas. Sambal bakar bali sendiri memiliki beberapa variasi, tergantung dari daerah asalnya. Berikut ini adalah beberapa variasi sambal bakar bali yang ada di Indonesia:

Sambal Bakar Bali Lombok

Sambal bakar bali lombok merupakan salah satu variasi sambal bakar bali yang paling populer. Makanan ini berasal dari daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sambal bakar bali lombok menggunakan ikan tuna sebagai bahan utamanya. Ikan tuna tersebut dibakar terlebih dahulu, kemudian diberi sambal yang terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

Sambal bakar bali lombok memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan aroma yang harum.

Sambal Bakar Bali Jimbaran

Sambal bakar bali jimbaran merupakan salah satu variasi sambal bakar bali yang berasal dari daerah Jimbaran, Bali. Makanan ini menggunakan ikan kakap sebagai bahan utamanya. Ikan kakap tersebut dibakar terlebih dahulu, kemudian diberi sambal yang terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

Sambal bakar bali jimbaran memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan aroma yang harum.

Sambal Bakar Bali Banyuwangi

Sambal bakar bali banyuwangi merupakan salah satu variasi sambal bakar bali yang berasal dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Makanan ini menggunakan ikan marlin sebagai bahan utamanya. Ikan marlin tersebut dibakar terlebih dahulu, kemudian diberi sambal yang terbuat dari cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

Sambal bakar bali banyuwangi memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, dengan aroma yang harum.

Ilustrasi Sambal Bakar Bali

Sambal bakar bali adalah salah satu kuliner khas Bali yang terbuat dari cabai, bawang, dan tomat yang dibakar dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan gurih, dan sangat cocok disajikan dengan nasi putih dan lauk pauk lainnya.

Berikut ini adalah ilustrasi atau gambar yang menunjukkan proses pembuatan sambal bakar bali:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti cabai, bawang, tomat, terasi, garam, dan gula.
  2. Bakar cabai, bawang, dan tomat hingga setengah matang.
  3. Ulek cabai, bawang, tomat, terasi, garam, dan gula hingga halus.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu tumis sambal yang telah diulek hingga harum.
  5. Sajikan sambal bakar bali dengan nasi putih dan lauk pauk lainnya.

Ringkasan Terakhir

Sambal bakar bali di Bandung merupakan kuliner yang wajib dicoba bagi para pecinta pedas. Dengan cita rasanya yang unik dan menggugah selera, sambal bakar bali dapat menjadi pilihan tepat untuk menemani berbagai acara, mulai dari makan bersama keluarga hingga pesta.

Tak hanya itu, sambal bakar bali juga dapat menjadi oleh-oleh khas Bandung yang disukai banyak orang.

Pertanyaan Umum yang Sering Muncul

Apa saja variasi sambal bakar bali yang populer di Bandung?

Di Bandung, terdapat beberapa variasi sambal bakar bali yang populer, seperti sambal bakar bali original, sambal bakar bali hijau, dan sambal bakar bali matah. Masing-masing variasi memiliki cita rasa yang unik dan khas.

Apa saja restoran sambal bakar bali yang terkenal di Bandung?

Beberapa restoran sambal bakar bali yang terkenal di Bandung antara lain Warung Nasi Pedas Ibu Andini, Sambal Bakar Bali Bu Oka, dan Rumah Makan Sambal Bakar Bali Kang Asep. Restoran-restoran ini menawarkan suasana yang berbeda-beda dan memiliki penggemar setianya masing-masing.

Apa saja tips memilih sambal bakar bali yang enak?

Untuk memilih sambal bakar bali yang enak, perhatikan warna, tekstur, dan rasanya. Sambal bakar bali yang baik berwarna merah cerah, memiliki tekstur yang sedikit kasar, dan rasanya pedas, gurih, dan sedikit manis.

Tags

Related Post